WORKAVELLING : BANJARMASIN

Another workavelling story.. yay!

Mungkin kalo bukan karena pekerjaan, saya ga akan punya kesempatan buat menginjakan kaki di bumi borneo, karena seperti yang selalu saya ceritakan, pekerjaan saya sebagai in house lawyer membuat saya jadi sering kemana-mana buat ngasih penyuluhan hukum.

Dan sekarang saya mau cerita sedikit tentang kota di Kalimantan Tengah, Banjarmasin.

Ah kalo denger kata Banjarmasin, yang pertama terpikir oleh saya adalah SOTO BANJAR! (*ga jauh2 dari makanan, pantesan gendut  😣). Sejak awal sampai di Banjarmasin, saya udah kepengen banget nyobain soto banjar itu, tapiii gabisa karena harus bekerja duluu.. hiks

Orang-orang yang menemani saya di Banjarmasin itu baik2 sekali, jadi biar saya ga sedih karena ga dikasih soto banjar, saya dijanjiin bakal diajak ke tempat soto banjar yang otentik asli banjarmasin di tepi sungai martapura. Langsung dehh hepi lagi~~

Saking pengennya yang otentik, saya sampe ga menyentuh si soto banjar yang disediain sama hotel tempat saya menginap. Daaann akhirnya tibalah hari dimana saya dibawa ke soto banjar yang konon katanya paling enak dan terkenal di Banjarmasin, namanya soto banjar Bang Amat yang tempatnya di salah satu dermaga sungai Martapura.

Sotonya gimana? Beuuhh enyaakkk aneeettt.. Rasanya itu gurih seger dan pake daging ayam kampung. Ah pokoknya enyaakk..

Sebelum saya makan di soto bang amat, saya diajak ‘berlayar’ ke Pasar Terapung yang namanya Lok Baintan. Itu adalah pasar terapung terbesar dan pertama di Banjarmasin. Di Banjarmasin sendiri sebenernya banyak pasar terapung, tapi yang di sungai2 ditengah kota itu adalah pasar terapung buatan yang emang buat atraksi turis.. jadii karena sejak awal saya pengen yang otentik, saya diajaknya yaaa ke Lok Baintan ituu..

Iyess, saya harus bangun super pagi karena sebelum jam 5 subuh saya harus sudah di kapal mengingat si pasar terapung itu memang hanya ada dari subuh sampe jam 8an aja. Jarak dari dermaga soto banjar bang amat itu berapa kilometer saya gatau, tapi yang jelas, kami menempuh kira2 1 jam berlayar untuk sampe di pasar terapung Lok Baintan.

Walopun saya cuma sempat jalan2 sehari di Banjarmasin, saya senang sekali datang ke kota ini. Bersyukur punya kesempatan buat menginjakan kaki di bumi borneo..

Anyway, pas mau ke Banjarmasin, saya naik flight Garuda yang paling pagi dan dapet sarapan paling enyaakkkk di sepanjang sejarah saya dapet sarapan di pesawat.

Yess! Shout out to Garuda buat sarapan ini! cream sauce nya juaraakk dan tumis bayamnya luar biasaa.. mantappss! (*kan ngomongin makanan lagi kan)